Enter your keyword

Deklarasi Damai Rektor Untirta Pada Pemilu 2024

Deklarasi Damai Rektor Untirta Pada Pemilu 2024

Deklarasi Damai Rektor Untirta Pada Pemilu 2024

SERANG-Mengingat kian dekatnya proses penyelenggaraan Pemilihan Umum serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 dan memperhatikan pelbagai isu kebangsaan hari ini, maka warga Civitas Akademika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mendeklarasikan poin-poin demi terciptanya keutuhan NKRI. Deklarasi ini, disamapaikan oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., disaksikan langsung oleh civitas academica Untirta dan jurnalis, bertempat di Gedung UPA Perpustakaan (Lantai 3), Selasa 6 Februari 2024.

Berikut merupakan poin-poin deklarasi yang disampaikan oleh Prof. Fatah:

“Serang, 06 Februari 2024 – Setelah mengamati, dan mempertimbangkan dinamika politik menjelang Pemilihan Umum pada 14 Februari 2024, Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa – Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT. memandang perlu untuk menyampaikan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, Untirta berkomitmen mendukung proses demokrasi dan mendorong terciptanya lingkungan kampus yang inklusif dan demokratis. Rektor Untirta memberikan himbauan untuk mendukung penyelenggaraan Pemilihan Umum serentak tahun 2024 secara berintegritas, demokrasi, jujur dan adil dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kedua, Rektor Untirta mengajak para kaum cendikia menjadi menara air yang mampu memberikan kesejukkan dan pencerahan bagi masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilihan Umum 2024 yang damai dan berintegritas. Rektor Untirta menghimbau untuk menghormati dinamika politik sebagai bagian dari demokrasi, dimana setiap individu memiliki hak konstitusional dalam menentukan sikap dan pilihan masing-masing.

Ketiga, Rektor Untirta menekankan bahwa melalui Pemilu, sebagai akademisi harus menjadi teladan dalam menjaga prinsip prinsip demokrasi yang mendasari kehidupan berbangsa. Oleh karena itu, Untirta mendukung penuh proses demokrasi ini sebagai bentuk komitmen memberikan layanan tridharma perguruan tinggi untuk mencetak generasi emas Indonesia yang unggul, utuh, berintegritas dan berdedikasi pada nilai-nilai kebangsaan.

Terakhir, memasuki masa tenang, dihimbau kepada seluruh civitas akademika Untirta dan seluruh elemen masyarakat dan komponen bangsa Indonesia, untuk bergotong royong, menjaga ketertiban, keamananan dan ketenangan dalam sikap, ucapan, pikiran dan tindakan. Sehingga Pemilu 2024, berjalan aman, damai, lancar dan berintegritas.”

(Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.)

Usai membacakan deklarasi, kepada awak media Prof. Fatah menyampaikan, mendukung penuh berjalannya proses demokrasi yang saat ini terlihat semakin baik. Ia menilai, kondusivitas harus tetap dijaga terutama bagi civitas academica Untirta agar menjadi teladan bagi masyarakat dalam menyikapi Pemilu 2024 ini.

“Proses pembangunan waktu ke waktu di Indonesia semakin memiliki kemajuan yang siginifikan. Siapa pun nanti yang memimpin Indonesia akan melanjutkan proses pembangunan yang sudah baik ini dan itulah yang kami harapkan. Dengan menjaga nilai-nilai demokrasi kita sukseskan secara aman dan damai,” tegas Rektor.(HI/AAP)